Minggu, 01 April 2012

KELOMPOK 1


PENGERTIAN AKUNTANSI SYARIAH, DASAR-DASAR GAGASAN AKUNTANSI SYARIAH, TUJUAN AKUNTASI SYARIAH

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Terstruktur
Matakuliah : Pengantar Akuntansi Syariah
logo iain fixx embosDosen Pengampu: Mabruri Fauzi




Disusun Oleh:
1.      Nova Gina Mutia (14112220183)
2.      Noor Wulandari Oktaviani (14112220182)
3.      Syaiful Fanan(14112210148)

JURUSAN MUAMALAH EKONOMI PERBANKAN
FAKULTAS SYARIAH
IAIN SYEKH NURJATI
2011










PENDAHULUAN
            Perkembangan masyarakat saat ini telah mengalami perubahan pola pikir yang kembali kepada hakikatnya yang di pengaruhi oleh semangat keagamaan yang selalu meningkat. Berarti dalam hal ini masyarakat sedang menuju kepada ajaran-ajaran agamanya. Hal ini dikarenakan pada aspek kehidupan yang pada asalnya untuk mencari kesenangan belaka dan kebahagian individualistik seperti hedonisme,materialis liberal ternyata tidak menguntungkan dan mengalami keterpurukan akibatnya kebahagiaan yang mereka cari  tidak  berkesinambungan dan hanya pada saat itu saja.
            Keadaan ini berlangsung dalam bidang muamallah seperti halnya disiplin ilmu akuntansi terdapat ketidakpuasan terhadap sistem akuntansi yang disuguhkan kepada masyarakat yaitu sistem akuntansi konvensional. Dalam sistem akuntansi konvensional terdapat berbagai masalah yaitu pada informasi yang selama ini dianggap sebagai dasar pengambilan keputusan tidak menghasilkan output yang baik karena masih terdapat kecurangan- kecurangan yang terjadi di dalam kegiatan tersebut.
            Sehingga masyarakat mengubah pemikiran untuk kembali mempelajari kaidah-kaidah ajaran islam dalam kegiatan akuntansi sebagaimana telah dilakukan pada peninggalan-peninggalan atau khazanah peradaban islam yang telah menerapkan sistem akuntansi syariah.
            Dalam bahasan makalah ini akan membahas mengenai pengertian akuntansi syariah yang pada dasarnya mempunyai dua arti dari dua akar yaitu akuntansi dan syariah.Selanjutnya akan membahas dasar-dasar gagasan akuntansi syariah yaitu mengenai para inisiator yang ingin memajukan akuntansi syariah dan tujuan-tujuan akuntansi syariah yang membahas mengenai tujuan akuntansi syariah pada lembaga keuangan dan tujuan akuntansi dalam islam.
            Semoga dengan  makalah ini dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca akan pembahasan mengenai akuntansi syariah.   









PENGERTIAN AKUNTANSI SYARIAH
            Pengertian Akuntansi Syariah dapat dijelaskan melalui akar kata yang dimilikinya yaitu akuntansi dan syariah.
A.    Pengertian Akuntansi
Akuntansi pada hakikatnya adalah system informasi, penentuan laba, pencatatan transaksi, yang sekaligus pertanggung jawaban.(accountability). Definisi dari Akuntansi adalah identifikasi transaksi yang kemudian diikuti dengan kegiatan pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran transaksi tersebut sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.[1]
Adapun pengertian akuntansi dalam Al-Qur’an :
a.       Muhasabah
Kata muhasabah tidak pernah ada dalam Al-Qur’an dalam bentuk masdar atau akar kata (muhasabah) tetapi yang ada hanyalah kata kerjanya yaitu hasaba, yaitu seperti firman Allah :
·         Dalam Qs Al-Baqarah :284
Dan jika kamu melahirkan apa yang ada didalam hatimu ataui menyembunyikannya, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu”.
Yang dimaksud dengan kata yuhaasibkum pada ayat tersebut yaitu perhitungan dihari kiamat kelak tentang pekerjaan manusia didunia, apakah itu kebaikan atau keburukan.
Kata hasaba, muhasabah, hisaba berarti perhitungan dan pembalasan, baik di dunia maupun di akhirat, sesuai dengan data-data dan catatan dalm buku amalan.
b.      Hisab
·         Hisab dengan arti “perhitungan dan pendataan” seperti pada firman Allah dalam Qs. Yunus :5
…ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).
Yang dimaksud dengan kata al-hisab dalam ayat ini adalah”perhitungan dan pendataan waktu”.
·         Hisab dengan arti “perhitungan dan pembalasan” seperti pada firman Allah
Dalam Qs. An-Nuur:39
“Dan didapatinya ketetapan Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungannya.”
Arti kata al-hisab dalam ayat itu adalah “perhitungan dan pembalasan” dihadapan Allah maupun dengan perantara ulil amri(pemimpin).
·         Hisab dengan arti”menanyai seseorang dengan mendebatnya di hari kiamat tentang perbuatannya didunia”  dam Qs. Ibrahim 41:
Ya tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab(hari kiamat).”
Arti kata al-hisab dalam ayat ini ialah “hari perhitungan, Tanya jawab dan pembalasan’
·         Hisab dengan berarti “berinfak dan member secara mutlak tanpa sebab dan syarat”
Arti dari kata hisab dalam ayat  dalam Qs. Al Baqarah 212
 adalah merasa cukup dengan karunia dan kelapangan rahmat, pemberian tanpa pujian, katan, serta tekanan.
c.       Al-Muhasib
·         Hasib artinya “pengawas” dalam Qs An nisa :6
·         Hisab dengan arti hafiz(yang menjaga) dalam Qs. An nisa:86
·         Hisab dengan arti muhasib (yang menghitung) Qs. Al-Israa: 14
d.      Hasibin
·         Hasibin artinya “menghitung” Qs Al-anam 62
Pengertian Muhasabah dalam konsep islam
Muhasabah dengan arti pendataan, pembukuan, dan semakna dengan muasallah (perhitungan), perdebatan serta penentuan imbalan atau balasan seperti yang diterapkan dalam lembaga-lembaga Negara, baitu mal, Undang-undang wakaf, mudharabah dan serikat-serikat kerja.[2]
B.     Pengertian Syariah
Definisi Syariah adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWt untuk dipatuhi oleh manusia dalam menjalani segala aktivitas hidupnya di dunia. Jadi akuntansi syariah dapat diartikan  sebagai proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.
Dan pengertian Akuntansi Syariah adalah proses akuntansi atas transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah diterapkan Allah SWT. Akuntansi syariah diperlukan untuk mendukung kegiatan yang harus dilakukan sesuai syariah, karena tidak mungkin dapat menerapkan akuntansi yang sesuai dengan syariah jika transaksi yang akan dicatat oleh proses akuntansi tersebut tidak sesuai dengan syariah.Untuk lebih mudah memahami akuntansi syariah,dibutuhkan pemahaman yang benar mengenai islam berikut subtansi kehidupan manusia di dunia  menurut islam serta ruang lingkup atau dasar-dasar islam, yaitu: akidah, syariah, dan akhlak.[3]

DASAR-DASAR GAGASAN AKUNTASI SYARIAH
            Akuntansi secara historis literatur dikenal bahwa akuntansi itu lahir dari tangan seorang pendeta italia yang bernama Lucas Pacioli yang ditulis dalam bukunya “Double entry accounting system”. Namun setelah dilakukan penelitian sejarah dan arkeologi ternyata banyak data yang membuktikan bahwa jauh sebelum penulisan buku itu sudah dikenal akuntansi. Karena bahwa matematika dan sitem angka sudah dikenal islam sejak abad ke 9 M. Pengakuan tersebut berarti menyembunyikan beberapa kemajuan peradaban yang telah maju yaitu pada peradaban islam.
            DR.Ali Shawki Ismail Shehata menjelaskan sejarah islam menyatakan bahwa akuntansi dalam islam bukanlah merupakan seni dan ilmu yang baru, sebenarnya bisa dilihat dari peradaban islam yang pertama yang sudah memiliki “Baitul Maal” yang merupakan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai “Bendahara Negara ‘ serta menjamin kesejahteraan social. Muslim sejak itu telah memiliki jenis akuntansi yang diebutkan dalam karya tulis umat islam.
            Robert Arnold Russel  juga mengatakan bangsa arab telah lebih canggih dalam menerapkan metode akuntansi double entry yang mampu mencatat transaksi berdagang dan mampu mencatat posisi masing-masing agen dan mampu menggunakan modalnya untuk investasi(kegiatan) yang lebih menguntungkan.
            Kesimpulan dari berbagai fakta sejarah sudah cukup kuat untuk menyatakan bahwa akuntansi sudah cukup kuat untuk menyatakan bahwa akuntansi sudah dikenal pada masa kejayaan islam pada masa peradaban islam.
Permasalahannya adalah pemalsuan sejarah yang dilakukan beberapa oknum di Barat dan ketidakmampuan umat muslim untuk menggali khazanah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya sendiri. Akuntansi pada masa kelahiran feodalisme di Eropa mulai berkembang dan saling menopang dengan perkembangan ekonomi kapitalis. Akuntansi melakukan kegiatan pencatatan dan pemberian informasi bagi investor atau capitalist sehingga ia dapat mengawasi asset perusahaannya da dapat mengembangkan modalnya hingga semakin meluas da besar dari ideology  untuk memakmurkan rakyatnya ia memproduksi, mengolahnya dan memanfaatkannya untuk kepentingan yang dilaksanakannya secara rasional dan pertimbangan ekonomis.
            Maka Dasar akuntansi dalam islam merupakan pembahasan dalam kajian moneter, dengan tujuan untuk memperlihatkan inti dari akuntansi dalam islam. Pembahasan ini merupakan sumber-sumber fiqh islam dan peninggalan peradaban islam. Dan sebenarnya  akuntansi telah ada pada zaman peradaban islam yang terjadi di bangsa arab.
Sejarah peradaban Arab, nampak sekali besarnya perhatian Bangsa Arab pada akuntansi , seperti dalam hal berdagang membutuhkan  untuk mengetahui dan menghitung barang dagangannya,sejak mulai berdagang sampai pulang kembali.  Hitungan ini untuk mengetahui  perubahan-perubahan pada keuangannya, baik keuntungan maupun kerugian.
Selanjutnya berkembangnya negeri dan bertambahnya kabilah-kabilah ,masuknya imigran dari negara tetangga dan berkembangnya perdagangan serta timbulnya usaha-usaha intervensi perdagangan semakin kuatlah perhatian bangsa Arab pada pembukuan dagang untuk menjelaskan utang piutang. Orang-orang Yahudi pada waktu itu pun telah bisa menyimpan faktur dagang.
Adapun tujuan akuntansi pada bangsa Arab  yang berdagang keliling adalah untuk mengetahui perubahan jumlah aset, seperti untung dan rugi.  Dan untuk kalangan pedagang yang menetap yang mayoritas orang Yahudi, merka memakai akuntansi sebagai sarana untuk mengetahui utang piutang. Jadi konsep akuntansi  tersebut dilihat dari pembukuan yang berdasarkan metode penjumlahan statistik dengan aturan penjumlahan dan pengurangan.
Dengan demikian pada waktu itu terdapat  undang-undang akuntansi yang terpenting waktu itu ialah undang-undang akuntansi perorangan dan undang-undang akuntansi kelompok  (syirkah). Bahkan pada waktu itu dalam hal muamalah ada peraturan riba yang dalam hukum islam disebut “riba jahiliah”.
Sejarah Gagasan Akuntansi Islam
1.      Ideologi  Akuntansi islam sejak munculnya islam sampai abad ke 13 hijriah
Setelah muculnya islam di semenanjung Arab dibawah pimpinan Rasulullah saw dan terbentuknya  Daulah islamiah di Madinah, mulailah perhatian Rasullulah untuk  membersihkan muamalah   maaliah (keuangan) dari unsur-unsur riba dan dari segala bentu penipuan, pembodohan, perjudian, pemerasan,monopoli dan segala usaha untuk mengambil harta orang lain secara batil. Sehingga rasullah menekankan pada pencatatan keuangan dan mendidik secara khusus beberapa orang sahabat untuk menangani profesi ini dan diberi sebutan khusus yaitu hafhazatul amwal(pengawasan keuangan). Dan para sahabat rasul dan peimpin umat islam juga menaruh perhatian yang tinggi terhadap pembukuan akuntansi  yang memiliki tujuan untuk mengetahui utang-utang dan piutang serta keterangan perputaran uang , seperti  pemasukan dan pengeluaran. Juga berfungsi untuk merinci dan menghitung keuntungan dan kerugian serta menghitung harta keseluruhan untuk menentukan kadar zakat  yang harus dikeluarkan oleh masing-masing individu.
Perhatian untuk pembukuan ini masih berjalan sesuai dengan kaidah –kaidah islam di negara islam, sampai masuknya gerakan ghazwul fikri(perang ideologi, kebudayaan, dan ekonomi) ke mayoritas negara islam, terutama sekali setelah runtuhnya khilafah islamiyah.
2.      Ideologi Akuntansi islam setelah runtuhnya khilafah islamiyah, dan dominasi imprealisme ribawi terhadap  negeri-negeri islam hingga pertengahan abad ke 14 Hijriah.
Runtuhnya khilafah islamiah serta tidak adanya perhatian dari pemimpin- pemimpin islam untuk mensosialisasikan hukum islam, ditambah lagi dengan dijajahnya kebanyakan negara islam oleh negara-negara kuat seperti Inggris dan Perancis,  telah menimbulkan perubahan yang sangat mendasar pada muamalah keuangan.
Pada saat itu dipakailah sistem undang-undang ekonomi kapitalis dan sosialis yanng mengagantikan undang-undang ekonomi islam, serta masuknya aturan-aturan perserikatan asing dan lembaga-lembaga perdagangan yang berdiri di atas azas riba. Sebagai kelanjutannya di implementasikan aturan-aturan akuntansi Eropa. Sebagai contoh sekarang  sering menemukan buku-buku akuntansi konvensional ada yang bernama sistem akuntansi Inggris, sistem akuntansi Prancis, sistem akuntansi Amerika, dan lain-lain.
Para akuntan asing sekarang sudah menguasai semua segi akuntansi, baik bidang ideologi,aplikasi,maupun pengajaran. Sampai sekarang akuntansi masih dikuasai oleh non tenaga profesional ke luar  negeri untuk mempelajari pokok-pokok pikiran akuntansi barat, sehingga menghasilkan generasi- generasi yang hanya bekerja di lingkungan barat. 
3.      Ideologi akuntansi Islam di zaman modern (zaman kebangkitan konsep akuntansi islam).
Kebangkitan islam sedang memperhatikan bidang muamallah secara umum, dan bidang-bidang finansial   serta lembaga-lembaga keuangan.  Sekelompok pakar akuntansi muslim telah mengadakan riset dan studi-studi ilmiah tentang akuntansi  menut  islam.Berikut ini adalah sebagian usaha awal di masing-masing bidang:
a.       Kebangkitan Konsep Akuntansi Islam Baru dalam Bidang Riset.
Sudah terkumpul beberapa tesis magister serta disertai doctor dalam konsep akuntansi yang telah dimulai sejak 1950 da masih berlanjut sampai sekarang, dengan jumlah yang semakin banyak. Diantaranya adalah:
1.  “Nizham al-muhasabah li Dharabah az-Zakah  wal Dafatir al-mustama’lah fi    Baitil –maal” tesis magister, fak Perdagangan Universitas Cairo, 1950, di ajukan oleh Syauqi Ismail Syahatah”
2. “Al-Mabadi’ al islamiah fi Nazhariat at Taqwin fil- Muhasabah” disertasi doktor fak.Perdagangan Universitas Cairo,1959, diajukan oleh Syauqi Ismail Syhatah.
3. “At-Thanzim al-muhasibi lil Amwalil-Ammah fil-islam” tesis magister, fak Perdagangan  Universitas Al-Azhar,1972, diajukan oleh Mahmud al-Mursi Lasyien.”
b.      Kebangkitan Konsep Akuntansi Islam dalam Bidang Pembukuan.
Para inisiator konsep akuntansi islam kontemporer sangat memperhatikan usaha-usaha pembukuaan konsep itu . Hal ini dilakukan supaya orang-orang tertarik pada akuntansi dapat mengetahui kandungan konsep-konsep islam dan poko-pokok pikiran ilmiahnya yang sangat berharga, sehingga tidak lagi membutuhkan ide-ide dari luar atau mengikuti konsep Barat. Diantara karya-karya yang sudah selesai  adalah sebagai berikut:
1.Muhasabah Zakah Al-Maal ‘Ilman wa Amalan, karangan Dr Syauqi Ismail Syahatah( Kairo: Pustaka Anggola,1970).
2. At-Takalif wal –As’ar fil-Fikri Islami ,karangan Dr. Muhammad kamal Athiah(1997)
3. Muhasabah az-Zakah, karangan Dr. Husain Syahatah(Kairo:Persatuan Bank-Bank islam sedunia,1979).
c.       Kebangkitan Akuntansi dalam Seminar-Seminar dan Lembaga-Lembaga Riset.
Beberapa riset mengenai konsep Akuntansi islam telah di presentasikan dalam berbagai seminar dan diskusi ilmiah, dan telah berhasil menarik perhatian pakar akuntansi modern.Beberapa seminar tersebut adalah;
1. Muktamar Ekonomi Islam Internasional yang pertama, di Universitas Malik bim Abdul Aziz, Jeddah, pada 1976, dengan materi, “Peranan Konsep Finansial dan Akuntansi dalam Pelaksanaan Zakat.” Sebagai narasumber adalah Dr. Muhammad Said Abdus Salam.
2. Muktamar ‘ilmi kelima tentang peranan lembaga-lembaga sosial di Mesir untukmanajemen keungan, oleh Ikatan Pengusaha Mesir, pada tahun 1978, dengan materi’Pengawasan terhadap  Pengeluaran dalam Konsep Islam”. Narasumber Dr Husain Syahatah.
3. Muktamar ‘ilmi pertama untuk akuntansi, oleh Ikatan Pengusaha Mesir, pada tahun 1980, tentang “kaidah-kaidah dan dasar-dasar Akuntansi Islam”. Narasumber Dr. Husain Syahatah.
      Riset-riset ini dianggap sebagai terobosan baru yang belum pernah dihasilkan oleh muktamar-muktamar sebelumnya. Dan juga penafsiran-penafsiran sekaligus menjelaskan kepada peserta seminar bahwa islam itu mengandung poko-pokok dan undang-undang akuntansi yang belum dibahas dan diketahui oleh para pakar ilmu akuntansi konvensional.
d.      Kebangkitan Konsep akuntansi dalam Bidang Pengajaran di Sekolah-Sekolah dan Perguruan Tinggi.
Konsep akuntansi islam mulai ada di sekolah-sekolah atau perguruan tinggi sejak tahun 1976 yaitu di Fakultas Perdagangan Universitas Al-Azhar untuk program pascasarjana, dalam mata kuliah Akuntansi perpajakan dan Evaluasi Akuntansi. Situasi ini terus berlanjut hingga tahun1978 dibuka beberapa juruisan dalam cabang-cabang ilmu akuntansi islam. Misalnya program S1 di fakultas Perdagangan Universitas Al-azhar dan Universitas Malik Abdul Aziz di Jeddah. Ini diawali dengan mengajarkan materi Penghitungan Zakat dan Undang-Undang Akuntansi dalam islam.       Pada tahun 1981 dibuka pula studi penghitungan zakat dan akuntansi menurut islam di Universitas Emirat Arab. Selanjutnya pada 1982 dibuka pula study yang sama di Universitas Ummul Qura di Mekah dan Universitas lainnya di seluruh dunia.
Materi lain yang harus dipelajari selain konsep akuntansi islam, yaitu seperti Ekonomi islam, Undang-undang Moneter dalam Islam, serta Manajemen yang islami. Materi-materi ini akan selalu mempengaruhi untuk membentuk kepribadian untuk bekerja dan berdagang sesuai dengan norma-norma dan akhlak islami.
Oleh karena itu didirikanlah lembaga-lembaga pendidikan ekonomi islam di sejumlah negara islam, seperti sebagai berikut;
1. Pusat Riset Ekonomi islam Internasional di Jeddah, pada 1982.
2. Lembaga Keuangan Islam di Universitas Al-azhar menyusul berdirinya     Fakultas  Perdagangan seblumnya di Universitas yang sama.
3. Dibukanya Jurusan ekonomi islam di beberapa Perguruan tinggi islam di beberapa Perguruan tinggi islam, diantaranya adalah:
                        Difakultas Syariah Universitas Riyadh, Arab Saudi.
                        Universitas Ummul Qura, Mekah Arab Saudi.
                        Al-Jamiah al islamiah di islamabad, Pakistan.
e.       Kebangkitan Konsep Akuntansi Islam dalam Aspek Implementasi.
Kebangkitan islam dibidang keuangan dan muamallah meliputi aspek implementasi. Ini terbukti dengan didirikannya beberapa lembaga keuangan yang  menerapkan kaidah-kaidah dan hukum hukum syariat, seperti lembaga keuangan islam, perusahaan asuransi islam, perusahaan investasi islam dan beberapa baitul maal wa tamwil islami. Telah didirikan pula bank islam pertama untuk transaksi dengan masyarakat di Dubai, Uni Emirat Arab, pada tahun 1975.Jelaslah bahwa perkembangan yang sangat baik dalam konsep akuntansi islam, baik di bidang riset, pengajaran, maupun implementasinya[4].
 Adapun Pendorong Munculnya Akuntansi Islam
      Adapun munculnya akuntansi islam di dorong oleh berbagai hal seperti:
1.      Meningkatnya Religiousty masyarakat.
2.      Meningkatnya tuntunan kepada etika dan tanggug jawab sosial yang selama ini tampak diabaikan oleh Akuntansi Konvensional.
3.      Semakin lambannya Akuntansi Konvensional mengantisipasi tuntunan masyarakat khususnya mengenai penekanan pada keadilan , kebenaran dan kejujuran.
4.      Kebangkitan umat islam khususnya kaum terpelajar yang meraskan kekurangan yang terdapat dalam kapitalisme barat. Kebangkitan Islam Baru terasa setelah beberapa negara yang yang penduduknya beragama islam, merdeka lima puluh tahun yang lalu seperti Mesir, Arab Saudi, India (Pakistan dan Bangladesh), Iran, Irak, Indonesia, Malaysia dan lain sebagainya mulai membangun SDM-nya.  Muncullah penduduk muslim yang terpelajar  yang mendapat ilmu dari Barat akibat  akulturasi ilmu sehingga menimbulkan kontradiksi  sehingga  merasakan perlunya digali keyakinan akan agama yang di anggap komperhensip, maka di pilihlah akuntansi islam.
5.      Perkembangan atau anatomi disiplin akuntansi itu sendiri.
6.      Kebutuhan akan sistem akuntansi dalam lembaga bisnis syariah seperti Bank, Asuransi, Trading dal lain, lain.
7.      Kebutuhan yang semakin besar pada norma perhitungan zakat dengan menggunakan norma akuntansi  yang sudah mapan sebagai dasar perhitungan.
8.      Kebutuhan akan pencatatan, pertanggung jawaban dan pengawasan harta umat mislanya dalam Baitul Maal atau kekayaan milik umat islam atau organisasinya[5]
.
TUJUAN AKUNTANSI  SYARIAH
Tujuan akuntasi syariah pada lembaga keuangan syariah adalah sebagai berikut:[6]
1.      Menentukan hak dan kewajiban pihak terkait termasuk hak dan kewajiban yang berasal dari transaksi  yang belum selesai  dan atau kegiatan ekonomi lain, sesuai dengan prinsip syariah yang berdasarkan pada konsep kejujuran, keadilan, kebajikan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai bisnis islami.
2.      Menyediakan informasi keuangan yang bermanfaat bagi pemakai laporan untuk mengambil keputusan.
3.      Meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syariah dalam semua transaksi dan kegiatan usaha.
4.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal bukan hanya melakukan dekonstruksi akuntansi
5.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal juga bukan hanya melakukan rekonstruksi akuntansi syari’ah pragmatis
6.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal adalah melampaui (beyond) sekaligus melebihi (hyper) atas keduanya.

Tujuan-tujuan Akutansi Dalam Islam
Beberapa tujuan terpenting dari akutansi menurut islam yaitu sebagai berikut.
1.      Hifzul Amwal (memelihara uang)
Para ahli tafsir berkata tentang tafsir dalam firman Allah faktubuh yang berarti ‘tuliskanlah’ bahwa perintah untuk menuliskan uang dan harta adalah suatu keharusan untuk menjaga harta itu dan menghilangkan kewaswasan atau keragu-raguan.
Ibnu Abidin berkata, “jika seseorang bekerja tidak berdasarkan aturan-atutan yang ada dalam buku catatan, akan mengakibatkan hilangnya hak-hak orang lain karena kebanyakan transaksi para pedagang berjalan tanpa saksi dan waktu menghitung serta perdebatan mereka hanya berpegang pada catatan dan surat-surat penting”.
Keterangan ini menjelaskan peranan akutansi memelihara harta, meneliti dan merinci pendapatan, menutup kesalahpahaman, mengatur transaksi-transaksi, serta meredam konflik dan kezaliman.
2.      Eksistensi al-kitabah ‘Pencatatan’ Ketika Ada Perselisihan
Ibnu Abidin mengatakan dalam kitabnya, al-amwal, “bahwa si penjual, kasir, dan agen adalah hujjah/dalil menurut kebiasaan yang berlaku untuk menuliskan keuangan dengan semua sifat-sifat yang bisa membedakan dari yang lain, karena berguna kalau terjadi ikhtilaf untuk memperkenalkan barang itu pada hakim ketika kedua belah pihak mengangkat permasalahan ini ke pengadilan.” Fungsi akutansi pada waktu terjadinya Tanya jawab dan perdebatan di depan pengadilan ketika terjadi perselisihan, kesaksian yang ada berupa kertas catatan atau pembukuan kontrak akan lebih kuat dan dipercaya.
3.      Dapat Membantu Dalam Mengambil Keputusan
Imam syafi’i berkata,” siapa mempelajari hisab (ilmu hutang), luaslah pikiranmya.” Artinya seorang pedagang atau siapa saja, tidak akan dapat mengungkapkan pikiran yang benar dan sehat, atau mengambil keputusan yang biaksana, tanpa bantuan data-data yang tercatat dalam surat-surat atau buku catatan khusus, fungsi catatan ini untuk menghilangkan keraguan ketika mengambil keputusan.
4.      Menentukan Hasil-Hasil Usaha Yang Akan Dizakatkan
Tujuan akutansi periode islam ialah untuk mengetahui hasil-hasil perdagangan di akhir tahun, sehingga mudah bagi mereka untuk mengetahui modal pokok murni, keuntungan murni, dan kerugiannya. Dengan demikian, mereka dapat mengukur standard an jumlah zakat hartanya. Abu Ubaid bin Salam, Maimun bin Mahran berkata, “jika telah sampai waktu untukmu berzakat, perhatikanlah apa-apa yang kamu miliki seperti uang dan barang-barang, kemudian nilailah barang-barang itu dengan uang. Kalau ada uang yang sanggup dilunasi, hutanglah, dan bayarkanlah dari uang itu, dan zakatilah sisanya.
5.      Menentukan dan Menghitung Hak-hak Kawan yang Berserikat
Dalam periode islam seikat-serikat kerja telah tersebar lus sesuai dengan anjuran islam, seperti syirkah mudharabah, syirkah al-inan(serikat modal), syirkah mufawadhah(serikat kerja) dan syirkah wujuh (modal denga nama baik).
Dasar-dasar, kaidah-kaidah  dan aturan akuntansi dalam islam itu diaplikasikan untuk membantu menentukan hak-hak mitra bisnis, seperti harta atau uang, dan keuntungan-keuntungan, baik dalam keadaan bergabung maupun terpisah.
6.      Menentukan Imbalan, Balasan, atau sanksi
       Muhasabah  adalah perhitungan, perdebatan, pembalasan atau imbalan yang sesuai dengan kata-kata yang tercatat atau surat-surat yang berdasarkan syarat-starat yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi akutansi dalam mengevaluasi usaha manusia, baik di dumia secara pribadi atau dengan perantara ulil amri, atau juga di akhirat oleh Allah. Pada baitul mal kaum muslimin dalam akutansi terhadap perputaran uang, baik uang tunai maupun berupa aset, serta usaha-usaha para pekerja. Di pasar-pasar zaman dahulu, semacam pengawasan terhadap kebenaran suatu transaksi, serta pengawasan terhadap seberapa jauh kesadaran para pedagangpada kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dari dahulu yang berada dalam pengawasan peraturan-peraturan hisbah(pengqwqs keuangan pasar).[7]












KESIMPULAN
Pengertian Akuntansi syariah terdapat dari dua akar katanya yaitu akuntansi dan syariah. Akuntansi yaitu identifikasi transaksi yang kemudian diikuti dengan kegiatan pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran transaksi tersebut sehingga menghasilkan laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.Adapun  pengertianKebakuntansi di dalam konsep islam yaitu Muhasabah dengan arti pendataan, pembukuan, dan semakna dengan muasallah (perhitungan), perdebatan serta penentuan imbalan atau balasan seperti yang diterapkan dalam lembaga-lembaga Negara, baitu mal, Undang-undang wakaf, mudharabah dan serikat-serikat kerja.
Dan definisi Syariah adalah aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWt untuk dipatuhi oleh manusia dalam menjalani segala aktivitas hidupnya di dunia. Jadi akuntansi syariah dapat diartikan  sebagai proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Sehingga  pengertian Akuntansi Syariah adalah proses akuntansi atas transaksi yang sesuai dengan aturan yang telah diterapkan Allah SWT.
            Selanjutnya Dasar-dasar gagasan akuntansi syariah ada tiga:
1.      Ideologi  Akuntansi islam sejak munculnya islam sampai abad ke 13 hijriah
2.      Ideologi Akuntansi islam setelah runtuhnya khilafah islamiyah, dan dominasi imprealisme ribawi terhadap  negeri-negeri islam hingga pertengahan abad ke 14 Hijriah.
3.      Ideologi akuntansi Islam di zaman modern (zaman kebangkitan konsep akuntansi islam).
Adapun tujuan akuntansi syariah adalah sebagai berikut:
1.      Menentukan hak dan kewajiban pihak terkait termasuk hak dan kewajiban yang berasal dari transaksi  yang belum selesai  dan atau kegiatan ekonomi lain, sesuai dengan prinsip syariah yang berdasarkan pada konsep kejujuran, keadilan, kebajikan dan kepatuhan terhadap nilai-nilai bisnis islami.
2.      Menyediakan informasi keuangan yang bermanfaat bagi pemakai laporan untuk mengambil keputusan.
3.      Meningkatkan kepatuhan terhadap prinsip syariah dalam semua transaksi dan kegiatan usaha.
4.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal bukan hanya melakukan dekonstruksi akuntansi
5.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal juga bukan hanya melakukan rekonstruksi akuntansi syari’ah pragmatis
6.      Menggagas akuntansi syariah yang ideal adalah melampaui (beyond) sekaligus melebihi (hyper) atas keduanya.


DAFTAR PUSTAKA

Syahatah, Husein DR.2001 “ Pokok-pokok Pikiran Akuntansi Islam “. Jakarta: Akbar media eka sarana.
Syafri Harahap, Sofyan. 2004“ Akuntansi Islam “. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurhayati, Sri.2011 “ Akuntansi Syariah di Indonesia “. Jakarta: Salemba Empat.
Sula, Muhammad Syakir. Aaij, Fiis.2004 “Asuransi Syariah”. Jakarta: Gema Insan.






















[1] Sri Nurhayati. “Akuntansi Syariah di Indonesia”, Jakarta: Salemba Empat, 2011. jil 1.hlm 2
[2] DR. Husein Syahatah,”Pokok-Pokok Pikiran Akuntansi Islam, Jakarta: AKBAR MEDIA EKA SARANA,2001. Cet 1, hlm 29-42
[3] Op cit, hlm 2
[4] Op cit, hlm 20-29
[5] Dr. Sofyan syafri Harahap, M.S.Ac. “Akuntansi Islam”. Jakarta: Bumi Aksara,1997. Cet 1, hlm 10-11
[6] Ir. Muhammad Syakir Sula, Aaij, Fiis. “Asuransi Syariah”. Jakarta: Gema insani, 2004.
[7] Op.cit  45-48

1 komentar:

  1. salam buat salah satu dari kalian ,,, ibu nova gina mutia,, hehehe

    BalasHapus